Senin, 04 April 2011

Ultraviolet sumber Vitamin D, Apa dan Bagaimana.??

Gizi dan Kesehatan ,diet,konsumsi makanan, konsultasi, tips dan trik kesehatan,

Taukah Anda..??
Vitamin D dari Matahari
ternyata selain dari asupan makanan sehari – hari vitamin D juga dapat diperoleh dari Berjemur, Namun Cara melakukannya ada aturan aturannya.. seperti apa aturan yang baik sehingga mendapatkan asupan vitamin D yang  memenuhi syarat kesehatan optimal”
Yap,, apakah hal ini sudah banyak dikenal orang,, jika tidak hanya makanan yang dapat memberikan asupan vitamin, ternyata penyinaran ultraviolet dapat mengaktifkan 7 dehydro cholesterol menjadi calsiferol. Artinya untuk mendapatkan vitamin D maka setidaknya kulit anda mendapatkan penyinaran matahari, yang menarik, seperti apakah cara mendapatkan vit. D dengan penyinaran…? Ok, simak pada paragraph selanjutnya.


Matahari Pagi Lebih Baik
Mentari Pag
Sekitar Pukul 06.00 hingga 07.00 adalah saat yang baik untuk berjemur, matahari pagi umumnya tidak merusak kulit , matahari pagi mampu membangkitkan rasa semangat anda untuk beraktifitas jika terkena sinarnya. Terkena paparan matahari pagi juga mebuat anda merubah suhu tubuh ketika badan masih terasa dingin menjadi hangat. Sedangkan penyinaran di siang hari antara pukul 10.00 – 13.00 perlu dihindari dalam keadaan paparan yang lama, Karena sinar Ultraviolet di siang hari sifatnya membakar kulit. Bahkan penyinaran ini dapat menyebabkan kangker kulit yang tentunya berakibat fatal pada kesehatan anda.
Lakukan Sambil Gerak
Sebagai orang Indonesia yang sering terkena penyinaran matahari , jangan ngikutin orang bule kalau lagi berjemur, sukanya nongkrong di tepi pantai sambil menikmati juice, Lakukan penjemuran sambil bekerja, bias saja anda melakukannya sambil membersihkan halaman rumah, memotong rumput di pagi hari, atau yang Berolah raga dipagi hari sehingga anda memperoleh 2 manfaat kesehatan yang efektif.
Durasi Penyinaran
Ini pertanyaan paling fenomenal dan kritis ,, Berapakah saya harus berjemur untuk mengubah 7- dehydro calsiferol saya,,?? , rekomendasi dari para ahligisi ialah 15 menit, jika merasa kurang maksimal 20 menit dibawah matahari pagi.
Sifat Dasar Vitamin D
Sumber Vitamin D
Vitamin D mulai dikenal dan dibedakan dari vitamin A di dalam minyak ikan, yang saggup menghindarkan vitamin Rickets membantu pertumbuhan. Vitamin D merupakan Kristal Putih yang tidak larut dalam air. Vitamin ini tidak rusak terhadap cahaya dan oksidasi. Termasuk salah satu vitamin yang tahan banting terhadap kondisi ruangan.
No
Bahan Makanan
Keterangan
1.
Susu
Bahan makanan ini banyak mengandung Vitamin Calciferol
2.
Keju dan bahan makanan Olahan “Susu” lainnya
Bahan olahan atau produk pabrik yang berbahan dasar susu  juga banyak mengandung  vitamin D.
3.
Penyinaran UltraViolet
Penyinaran Ultraviolet selama kurang lebih 15 menit pada cahaya matahari di pagi hari , mampu mengaktifkan 7 – dehydro cholesterol menjadikannya calsiferol.
Table 3 . Daftar Bahan Makanan dan Motedo yang mampu menghasilkan asupan Vitamin D http://www. Ahligiza.Blogspot.com
Vitamin ini adalah vitamin paling unik, dimana tidak hanya terdapat pada makanan , namun penyinaran sinar ultraviolet juga mampu menghasilkan dan mengaktifkan 7 – dehydro cholesterol yang terdapat di bawah kulit menjadi vitamin D.
Suplemen Makanan Juga Menunjang

Suplement Vitamin D
Suplementasi diberikan terkadang untuk orang – orang yang tidak mampu mendapatkan asupan vitamin D  dari makanan atau penyinaran. Suplementasi yang alamai biasa difortifikasi dan di suplementasi dari bahan dasar susu, sehingga minum susu rutin tiap harinya akan membantu anda mendapatkan asupan yang cukup.
Perlu diingat kembali point – point diatas , berjemur di matahari pagi selama 15 menit dapat mengubah 7 – dehidro calsiferol menjadi vitamin D, dan suplementasi minuman juga membantu , tatkla anda tidak dapat memenuhinya melalui  kedua hal tersebut.


Semoga Bermanfaat….
Alief Chandra Saputra

26 komentar:

  1. kalo matahari pagi, susah gan.
    he,,,,abis sholat subuh ane tidur lage
    heee

    nice inpo gan

    BalasHapus
  2. sinar mentari pagi emang sehat, lagi belajar rutin dan mau bangun pagi lalu jalan2 gan, karna biar rajin dan pengen lulus :D

    BalasHapus
  3. Nice blog, i realy like to read your blog

    BalasHapus
  4. jarang banget aku ngeliat sinar matahari dari jam 6 sampe jam 7 gitu.

    BalasHapus
  5. thanks banget, gan.. artikelnya sangat membantu sekali. keep posting, kawan..

    BalasHapus
  6. mantap infonya. Coretan saya pada kolom komentar ini adalah ungkapan terimakasih saya terhadap admin yang telah meberikan info secara Cuma-Cuma.

    BalasHapus
  7. Warta yang sangat menarik, Kami sangat menunggu info yang manarik lainnya, Thanks.... Terima kasih, atas artikel yang menarik dan informatif

    BalasHapus
  8. Cuaca mendung begini enaknya minum kopi sambil browsing info-info menarik di situs ini dah. makasih informasinya sangat bermanfaat sekali..!!

    BalasHapus
  9. terima kasih atas informasinya. Sukses ya Terimakasih banyak telah berbagi informasnya,sukses selalu untuk info beserta websitenya,,

    BalasHapus
  10. selamat beraktivitas. . .mari kita awali aktivitas hari ini dengan menyimak informasi yang aktual di halaman yang sangat luar biasa ini !!!

    BalasHapus
  11. teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik. terima kasih banyak atas beritanya.

    BalasHapus
  12. YUK JOIN SITUS POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA WWW.ROYALFLUSH99.COM BURUAN GABUNG...

    BalasHapus
  13. teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik. zaman sekarang sudah jarang menemukan blog yang isinya penuh manfaat seperti ini, keren!!

    BalasHapus
  14. terima kasih atas informasinya. Sukses ya..!! Dan Terimakasih banyak telah berbagi informasnya, Semoga Makin Keren selalu untuk info beserta websitenya,,

    BalasHapus
  15. terima kasih atas informasinya. Sukses ya..!! Dan Terimakasih banyak telah berbagi informasnya, Semoga Makin Keren selalu untuk info beserta websitenya,,

    BalasHapus
  16. teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik. zaman sekarang sudah jarang menemukan blog yang isinya penuh manfaat seperti ini, keren!!

    BalasHapus
  17. terima kasih atas informasinya. Sukses ya..!! Dan Terimakasih banyak telah berbagi informasnya, Semoga Makin Keren selalu untuk info beserta websitenya,,

    BalasHapus
  18. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    BalasHapus
  19. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

    BalasHapus
  20. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    BalasHapus
  21. Sebentar lagi hari raya idul adha akan tiba, jangan lupa puasa arafah bagi yang muslim, semoga tahun ini membawa berkah dan kebahagiaan. Keep posting, gan..

    BalasHapus
  22. http://waletbet99.com/
    http://waletbet99.com/page/prediksi
    http://waletbet99.com/menu/livescore
    http://waletbet99.com/page/daftar
    http://waletbet99.com/menu/bonus

    Ayok taruhan disini bersama waletbet dengan pelayanan sebagai agen betting yang profesional di jamin tidak akan menyesal, banyak bonus dan keuntungan lebih yang diberikan. Buruan Daftar!!

    BalasHapus
  23. Great article, Thanks for your great information, the content is quiet interesting. I will be waiting for your next post.

    BalasHapus
  24. Permisi gan, ijin share ya artikel silakan dikunjungi semoga bermanfaat, Artikel Ini sangat bagus, sangat berkualitas, sangat bermanfaat sekali dan terpercaya terimakasih gan

    BalasHapus

Yang Gak jelas boleh ditanyakan, atau mau punya sanggahan silahkan atau pendapat lain, Monggo di kasih komentar..:D.

Info Singkat

Susu memiliki kandungan gizi yang hampir sempurna,,, Bahkan untuk vitamin larut lemak (A,D,E,K) semua terkandung dalam susu, dan semua vitamin yang ada pada bahan makanan lainnya telah terforifikasi ke dalam susu.