Minggu, 27 Februari 2011

Waspadai Makanan Jajanan Kantin Sekolah Anak Anda

Gizi dan Kesehatan ,diet,konsumsi makanan, konsultasi, tips dan trik kesehatan,


Kamis 25 Februari 2010, penulis tercengang dengan berita yang menghebohkan, lagi – lagi berita tentang keracunan, memang selama dua hari terakhir penulis melihat adanya berita keracunan di televisi yang menyerang anak sekolah dasar, disebabkan oleh jajanan makanan dikantin. Miris dan ikut sedih juga, karena penulis sendiri adalah mahasiswa kesehatan dibidang pangan Politekkes Kemenkes Palangka Raya Jurusan Gizi.
Sebenarnya kejadian tersebut tidak perlu terjadi jika si penjual makanan jajanan mengetahui mengenai keamanan pangan yang akan dijajakan pada anak sekolah. Kita tahu bahwa anak sekolah adalah generasi – generasi penerus bangsa yang harus dilindung salah satunya adalah keamanan makanan dan minuman yang mereka konsumsi. Disamping itu namanya juga manusia  yang dipenuhi dengan insting materi kewaspadaan orang tua mengawasi apa yang dimakan anaknya juga perlu.
Jenis – jinis makanan yang tidak diperbolehkan dan harus diawasi oleh para orang tua si anak penulis sebutkan sebagai berikut :
1.       Makanan yang mempunyai warna mencolok.
Berita keracunan yang terjadi beberapa waktu yang lalu penyebabnya adalah pada makanan yang mempunyai zat pewarna tekstil yang dilarang dalam Permenkes (Peraturan Menteri Kesehatan), efek jangka pendeknya Bisa menimbulkan Alergi gangguan pernafasan , pencernaan , syaraf juga merupakan penyebab dari keracunan makanan tersebut, biasanya ditandai dengan gejala mual dan muntah. Salah satu indicator dari makanan yang menggunakan zat pewarna adalah warnanya mencolok, harganya murah dan diminati sang anak.
2.       Makanan – makanan BerPengawet
Bakso, Mie Basah Tahu dan Tempe , adalah salah satu makana yang paling sering diawetkan, namun media pengawetannya sama seperti media pengawetan mayat. Yaitu formaldehid atau formalin. Efek nya bagi anak – anak sangatlah berbahaya, efek jangka panjangnya adalah Kangker.

3.       Makanan Yang mengandung Pemanis Berlebihan dan Penyedap Rasa
Si Buah hati memang gemar sekali dengan makanan yang rasanya manis, sebaiknya jika si anak mau beritahukan, coba cegah untuk mengkonsumsi makanan – makana yang mengandung pemanis berlebihan. Makanan manis dapat merusak gigi sang anak. Selain itu penyedap rasa adalah zat karsinogenik penyebab kangker.
Kalau kita berbicara masa kecil, dan masa – masa dimana makanan yang sehat sangatlah sulit , karena anak kecil terkadang belum mengetahui serta mengontrol jenis makanan yang sehat untuk mereka, maka akan sangat sulit jadinya orang tua untuk mengawasi mana yang boleh dan tidak boleh. Namun hal tersebut masih bias kita cegah, minimal ada usaha daripada tidak sama sekali. Mencegah anak untuk tidak sembarangan jajan tidak secara langsung dengan mengawasinya terus untuk jajan, tapi para ibu dapat menggunakan alternative kedua , yaitu makanan bekal.

Solusi
Solusi yang penulis berikan , kemungkinan 70% berhasil ialah dengan cara memberikan makanan yang kita produksi sendiri dari rumah, atau makanan bekal disaat si buah hati hendak berangkat sekolah. Berikut ini tips yang telah disusun secara sistematis , bagaimana anda menyiapkan dalam bentuk porsi dan jenis makanan yang tepat untuk si buah hati.
a.       Snack Box
Snack Boks adalah makana praktis, dapat dibawa dengan mudah oleh si anak, porsi dalam jumlah kecil namun jumlahnya cukup untuk memenuhi kebutuhan energy si anak.
Porsi sesuaikan dengan porsi makan sang anak. Jenis makanan yang dapat disajikan seperti sandwich,  Dodol , Roti tawar isi dan kreasi resep lainnya.
b.      Launch Box
Lounch Box hamper sama dengan snack box, namun terkadang jenis makanan yang disajikan adalah makanan sepinggan, dimana satu menu dalam launch box sudah memenuhi 4 sehat 5 sempurna.
c.       Double Food Box
Ini adalah gabungan antara kedua makanan bekal diatas, anda dapat mengkombinasikannya sesuai dengan keinginan anda, namun perlu diingat sebaiknya jenis makanan harus disesuaikan agar seimbang. Hindari makanan yang terlalu banyak lemak, terlalu manis dan menggunakan penyedap rasa berlebih.

Mungkin diatas adalah sedikit tips bagaimana anda mengawasi si buah hati tetap sehat walaupun anda tidak secara langsung mengontrol apa yang anak makan.
Selamat mencoba…..

6 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih.

    BalasHapus
  2. just blogwalking.. Nice post and have a nice day :)

    BalasHapus
  3. nice post, kawan.. jangan lupa kunjungan baliknya ya?? saya tunggu, terimakasih. Hhihihihihihi

    BalasHapus
  4. morning, minna.. sekarang lagu amatsuki x aho no sakata yang berjudul asking too much sudah bisa ditonton dalam bahasa indonesia! Ayo berkunjung...!!

    BalasHapus
  5. morning, minna.. sekarang lagu amatsuki x aho no sakata yang berjudul asking too much sudah bisa ditonton dalam bahasa indonesia! Ayo berkunjung...!!

    BalasHapus

Yang Gak jelas boleh ditanyakan, atau mau punya sanggahan silahkan atau pendapat lain, Monggo di kasih komentar..:D.

Info Singkat

Susu memiliki kandungan gizi yang hampir sempurna,,, Bahkan untuk vitamin larut lemak (A,D,E,K) semua terkandung dalam susu, dan semua vitamin yang ada pada bahan makanan lainnya telah terforifikasi ke dalam susu.