Kamis, 29 April 2010

Mari Mengenal HIPERURICEMIA dan GOUT

Gizi dan Kesehatan ,diet,konsumsi makanan, konsultasi, tips dan trik kesehatan, 




Asam Urat dan Batu Ginjal, itulah kata umum untuk penyakit ini. Dalam point kali ini ada beberapa pengertian yang perlu sekali penulis deskripsikan, karena ada beberapa perbedaan yang mendasar .

  1. Hiperuricemia
Hiperuricemia adalah peningkatan kadar asam urat dalam darah tanpa menyebabkan gangguan atau kelainan,
  1. gout
gout adalah overload uric acid pada tubuh dengan membentuk formasi deposit kristal asam urat dalam jaringan tubuh terutama sendi-sendi.
  1. Gout Artrhitis
Sedangkan yang terakhir ini adalah Inflamasi sendi yang dipicu deposit kristal asam urat pada cairan sendi.

Ingat bahwa ketiga istilah medis diatas sangat berbeda. Gambaran kecilnya jika hiperuricemia (darikata hiper) yaitu kelebihan dimana terjadi peningkatan kadar asam urat dalam darah namun belum terjadi inflamasi sendi.
Sedangkan gout adalah mengeluarkan begitu banyaknya urid acid yang membentuk formasi deposit (berlebih) kristal asam urat pada cairan sendi, sehingga sendi terasa nyeri, kata umum yang dipakai di indonesia adalah asam urat.

Urid acid dipecah dari produk – produk purin yang dikonsumsi oleh kita.. jika ketidak normalan ini berlanjut maka akan berkomplikasi kepada penyakit yang lebih serius seperti ; gagal ginjal, asam urat, batu ginjal, blokade filtrasi tubulus ginjal. Semuanya menyerang ginjal.

Penyakit ini sering terjadi pada ; laki-laki setelah pubersitas dan perempuan setelah monoupouse, perbedaannya sangat jauh antara keduanya.

Faktor resiko gout arthitis :
Penyakit ini sering sekali pada orang dengan kelebihan berat badan (obesitas) dan alkoholik selain itu orang yang suka dengan obat obatan seperti : aspirin, niacin cyclosporin, pyrazinamide. Orang yang mengidap gangguan hematologi, hypotyroid dan dehidrasi/ fefer.

Gout sering terjadi pada ibu jari, pergelangan kaki dan lutut. Yaitu rasa nyeri yang luarbiasa. Bisa anda tanyakan sendiri bagaimana sakitnya ketika nyeri sendi terjadi pada pengidap asam urat.

Sindrom dan gejala gout :

Hangat bengkak dan redist discoloration serta marked tendernes, paintfull mingguan dan tahunan.

Pencegahan dan pengobatan gout :
Alkalinisasi urine (membasakan urine dengan cara-cara tertentu secara medis), weight reduction, perencanaan makan atau mengubah cara makan (dietary change) , bagi para pengkonsumsi alkohol agar asam urat dapat teratasi maka mau tidak mau hentikan kebiasaan mengkonsumsi minuman keras tersebut. Jika memilih dengan obat makan pemberian obat-obatan yang dapat menurunkan hiperuriccemia dan anti inflamasi untuk serangan akut.
 

    2 komentar:

    Yang Gak jelas boleh ditanyakan, atau mau punya sanggahan silahkan atau pendapat lain, Monggo di kasih komentar..:D.

    Info Singkat

    Susu memiliki kandungan gizi yang hampir sempurna,,, Bahkan untuk vitamin larut lemak (A,D,E,K) semua terkandung dalam susu, dan semua vitamin yang ada pada bahan makanan lainnya telah terforifikasi ke dalam susu.