Rabu, 13 Januari 2010

Tips tidur nyenyak dengan senam peregangan

Gizi dan Kesehatan ,diet,konsumsi makanan, konsultasi, tips dan trik kesehatan,



Artikel ini adalah satu ilmu yang penulis dapat sehabis menonton acara televisi “senam bugar” setiap pagi hari di Trans Tv, dimana acara tersebut menurut penulis amatlah sangat mebosankan,,,masa cowo kayak gua disuruh ngeliat tante-tante yang jingkrak sana jingkrak sini..gak banget dech..hehe,,eh malah ternyata ada hikmahnya juga, dapet satu ilmu yang membuat penulis selalu dapet tidur nyenyak.
Apa itu senam peregangan ? senam peregangan adalah senam yang dilakukan guna meregangkan otot otot sendi disekujur tubuh kita. Umumnya sendi manusia setelah beraktifitas sehari-hari mengalami kelelahan “Lelah Sendi” yang diakibatkan gerak terus menerus, terutama persendian pada kaki dan tangan. Untuk itu pemulihan sendi perlu dilakukan guna efektifitas peristirahatan bagian sambungan tulang.
Berikut ini beberapa manfaat melakukan senam peregangan sebelum tidur :


1) Menghilangkan Rasa Nyeri Setelah Bangun



Otot dan persendian, dikala kita beraktifitas terjadi efek mekanik dan tekanan, baik yang ringan ataupun berat pasti menggunakan daya untuk bekerja. Hal tersebut akan membuat kerja sel-sel otot dan persendian. Akibat dari aktifitas kerja otot dan persendian menimbulkan pembakaran energi, setal pembakaran energi otot akan terasa kaku karena kalori tidak lagi diperlukan dalam persendian dan otot tersebut. itu sebabnya banyak ahli kesehatan yang menyarankan pada atlet olagraga dengan aktifitas berat untuk tidak berhenti langsung saat tidak melakukan olah raga, agar otot perlahan menyesuaikan dengan pembakaran energi. Sangat tidak disarankan ketika kita selesai mengerjakan sesuatu yang berat langsung tidur, karena hal tersebut akan menimbulkan nyeri pada bagian badan setelah bangun dari tidur, senam peregangan adalah solusi tepat agar bagian tubuh kita tidak mengalami nyeri.

2) Menghilangkan kaku sendi
Terkhusus untuk para pekerja duduk, alias pekerja yang kerjaannya duduk melulu ditemani komputer. Nyeri seringkali terjadi pada persendian atau lebih pantas disebut dengan kaku sendi, terutama pada pinggang, karena banyak orang mengeluhkan sakit pinggang setelah duduk lama didepan komputer. Senam peregangan adalah obat yang tepat untuk menghilangkan kaku sendi, dengan meregangkan seluruh bagian tubuh, kaku sendi dapat teratasi.

3) Membuat Tidur 10 kali Lebih Nyenyak
Ya sudah terbukti,  meregangkan bagian tubuh berarti mengendorkan otot yang kaku dan dan melemaskan persendian yang tegang, meregangkan bagian tubuh kita membuat kita akan lebih rileks, sehingga tidurpun dapat nyenyak.
4) Bugar Di pagi Hari
Alhasil dari senam peregangan ialah hasil bugar di pagi hari, dari beberapa kisah saksi yang ditampilkan diacara senam bugar di trans tv, perbedaan orang yang melakukan senam kebugaran dan yang tidak, hasilnya yang melakukan 70%  memperolehh kesegaran setelah bangkit dari tidur malamnya. Jadi intinya kalau mau bugar dipagi hari ya lakukan senam ini.



Senam tentunya memiliki Aturan-aturan yang tepat, artinya senam gak sembarangan jingkrak sana, jingkrak sini. Loncat sana loncat sini. Harus terstruktur dengan baik. Agar sendi-sendi yang akan kita regangkan mendapatkan reaktor yang baik.
Disini penulis memberikan beberapa tips yang penulis dapatkan dari menonton tante-tante yang sedang senam di televisi, karena tips senam  peregangan agak banyak dan tidak bisa di tampilkan keseluruhan di blog sederhana ini, penulis share lewat link yang anda dapat lihat di halaman web ini.



18 komentar:

  1. wow...ternyata mau tidur juga memerlukan peragangan ya :) senamnya dilakukan kapan?
    thanks infonya.

    BalasHapus
  2. wah bisa lebih nyenyak 10x lipat yaks, keren tuh sapa ga tau kalao ada maling tar xixixi
    oia linknnya uda lama kepasang kok mas, silahkan cek di sidebar dengan nama "Gizi dan Kesehatan Alief"

    BalasHapus
  3. Mas Amir = senamnya alangkah baiknya pa dilakukan persis saat kita mau tidur,,,atau setelah bersih2 badan kita atau setelah sikat gigi sebelum tidur...mungkin itu saja mas,,,

    BalasHapus
  4. @Mas eross= ow iya tanks ya mas kunjungannya,,,heheh saya kira belum dipasangy,,,silaturahmi kembali ya...<"-">-

    BalasHapus
  5. wahhh...mantep nih tips nya...aku malah ndak pernah mikirin yang kaya ginian mas...dsarr males...hehehhe...
    makin sehat...makin semangattt...cayooooo...

    Salam hangat selalu

    BalasHapus
  6. ok kalau begitu, insya Allah dicoba demi kesehatan :) peregangannya seluruh tubuh kan?

    BalasHapus
  7. mantep nich,buat yang hobi blogging sambil begadang

    BalasHapus
  8. mantep gambarnya he... semangat bro

    BalasHapus
  9. Teteap jaga kesehatan dan pikiran.
    semoga kita bisa terus beraktifitas dengan lancar dan nyaman.
    salam kenal.

    BalasHapus
  10. wah kalo menurut saya tidur agar nyenyak adalah,ketika ngantuk :D

    BalasHapus
  11. Aku punya masalah ga bisa tidur dibawah jam 12 malem, apa mungkin karena aku jarang olah raga juga ya.

    BTW link sudah saya tambahkan. Thanks, dan salam kenal juga.

    BalasHapus
  12. Mas Seno = Yup betul sekali mas, Olahraga Manfaatnya banyak banget lho... selain menyehatkan juga ada fungsi-fungsi positif lainnyaa,

    peredran darah mempengaruhi seluruh kerja syaraf kita,, termasuk tidur nyenyak atau tidak bisa tidur juga berkaitan dengan kerja syaraf kita,,kalau syaraf dan peredaran sehat mungkin Mas Seno dapat tidur nyenyak,, dan paginya tetep bugar,,,

    BalasHapus
  13. Berguna banget ni artikelnya, biar tidur lebih berkualitas, hidup juga lebih sehat....

    trims...

    BalasHapus
  14. wAH emang Gizi sangat berperan banget pada kesehatan,..
    makasih wat infonya, moga2 eang baca artikel ini tau pentingnya gizi agi kesehatan,..
    jangan lupa mampir ke blog ku jg ea,..

    BalasHapus
  15. Trims, akan kucoba' daripada melulu minum obat tidur ...

    BalasHapus

Yang Gak jelas boleh ditanyakan, atau mau punya sanggahan silahkan atau pendapat lain, Monggo di kasih komentar..:D.

Info Singkat

Susu memiliki kandungan gizi yang hampir sempurna,,, Bahkan untuk vitamin larut lemak (A,D,E,K) semua terkandung dalam susu, dan semua vitamin yang ada pada bahan makanan lainnya telah terforifikasi ke dalam susu.