Minggu, 27 Desember 2009

Apakah yang perlu anda lakukan semasa makan di luar?

Gizi dan Kesehatan ,diet,konsumsi makanan, konsultasi, tips dan trik kesehatan,



Makan Diluar, merupakan salah satu kegiatan dimana kita sedang tidak dapat mengkonsumsi makanan hasil masakan kita sendiri dirumah, atau hasil masakan istri yang tentunya tidak mengkhawatirkan kesehatan.
Ya,,siapapun pernah makan makanan diluar, diwarung bakso, diwarung nasi goreng ataupun diwarung Paman gado-gado dipinggiran jalan, tentunya kualitas kesehatan makanan itu sendiri tidak dapat kita asumsikan BAIK. Karena kita sendiri tidak tahu bukan cara dari pengolahan makanan diluar. Untuk itu cermati setiap point dibawah ini, tentang Tips saat harus makan diluar.

Elakkan memakan makanan yang tercemar yang mengandungi benda asing seperti
rambut, kuku, pasir dan batu.

Ini adalah point pertama sebagai indikasi, apakah warung makan yang anda pilih benar-benar menyajikan makanan yang sehat sesuai dengan standar makanan sehat yang dianjurkan. Yaitu lewat penampakan luar dari hidangan yang disajikan, apabila dalam sebuah makanan yang anda pesan terdapat benda-benda asing seperti Rambut, Kuku, Pasir dan Batu, elakkan dan pilih tempat makan lain yang lebih higienis.


Pilih makanan yang tidak berubah pada rasa, bau dan penampilannya.

Pont ke-2 adalah, pilih makanan yang tidak berubah pada rasa, bau dan penampilannya. Maksudnya adalah jika hidangan yang anda pilih mie ayam ya rasanya mie ayam bukan rasa minyak tanah atau sebagainya, juga pada bau, jika baunya bukan mie ayam tidak lain makanan tersebut sudah tercemar dan tidak layak untuk dikonsumsi, untuk penampilan sama seperti point diatas.

Pilih makanan yang segar dan baru dimasak


Untuk memilih hidangan yang ada di luar, sebiknya pilih jenis makanan yang ”Pesan dulu- dimasak dulu – baru dihidangkan” bukan ”Dimasak dulu – Dihidangkan – dipesan”
Karena makanan yang jenis demikian tidak luput tercemar zat atau binatang dari lingkungan.

Elakkan mengambil makanan yang "terbakar" (hangus) seperti sate.

Jangan sesekali anda mengkonsumsi makanan yang dihidangkan sudah dalam bentuk gosong, mengapa demikian,,ternyata penelitian para ahli kesehatan bahwa makanan yang gosong tidak baik untuk kesehatan jantung,, dan fatalnya lagi bahwa makanan gosong terutama daging yang dibakar efeknya hampir sama dengan mengkonsumsi sebatang-dua batang rokok.  Terkejut bukan..??? ya memang makanan yang gosong mengandung zat-zat hasil pembakaran yang tidak sempurna, layaknya asap hasil pembakaran tidak sempurna.


Pastikan makanan di dalam tin atau yang dibungkus masih dalam keadaan elok.

Sebelumnya point ini ada kaitanya dengan postingan penulis di ”Cara memilih makanan di super market”, dimana saat kita memilih makanan bungkus diluar sebaiknya lihat keadaan fisik dari bungkus tersebut, jika keadaannya sudah kunyel, hindari.

Hadkan pengambilan makanan yang banyak mengandungi perisa tambahan dan
pewarna tiruan.
Telah kita ketahui, bahwa zat-zat anorganik yang dicampurkan dengan makanan saat ini semakin gencar dilakukan para oenjual makanan jajanan pinggir jalan dengan tujuan untuk meningkatkan citarasa dan gairah hidangan, padahal menurut BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) zat-zat seperti demikian sangatlah berbahaya bagi tubuh kita, apalgi untuk si kecil.

Demikian sedikit point point ketika anda memilih untuk makan-makanan diluar, semoga tips kesehatan ekecil ini dapat membantu anda agar terus sehat, jika ad pertanyaan, ataupun tambahan mengenai tips dan trik ini silahkan ditambahkan pada Kotak komentar yang daa di bawah artikel ini.trimakasih





2 komentar:

Yang Gak jelas boleh ditanyakan, atau mau punya sanggahan silahkan atau pendapat lain, Monggo di kasih komentar..:D.

Info Singkat

Susu memiliki kandungan gizi yang hampir sempurna,,, Bahkan untuk vitamin larut lemak (A,D,E,K) semua terkandung dalam susu, dan semua vitamin yang ada pada bahan makanan lainnya telah terforifikasi ke dalam susu.