Kamis, 26 November 2009

Ngemil Untuk Mencukupi Kebutuhan Kalori


Jangan disangka lho…bahwa ngemil adalah salah satu kebiasaan yang perlu ditinggalkan. Memang sedikit pro dan kontra. Kenapa…? Kadang-kadang kebutuhan energi yang kita butuhkan dalam sehari tidak cukup didapatkan dari makanan utama seperti breakfast, lounch dan diner , untuk itu makanan selingan perlu ditambahkan untuk memenuhi kebutuhan energi yang kita butuhkan dalam sehari. Dengan artian makanan selingan adalah cemilan.
Namun yang saat ini sering kita artikan adalah , ngemil yang seperti apa dulu yang saat ini menjadi kebiasaan kita..? kalau ngemilnya seharian penuh tanpa melihat asupan kalori dari 3 waktu makan sehari , itu namanya sich menabung kalori yang efeknya nanti akan kelebihan asupan kalori bukan malah menggugurkan fungsi cemilan sebagai penutup kekurangan kalori, jika kebiasanan buruk ngemil seperti diatas, kemungkinan terjadi Obesitas sangat rentan pada diri anda.
Dua paragraf diatas tentunya sangat cukup untuk menjelaskan arti dari “Pro dan kontra terhadap cemilan” sekarang saatnya blogger memberikan beberapa tips cemilan sehat. Berikut tipsnya :


Namanya juga cemilan atau makanan selingan juga bisa disebut makanan ringan jadi pilih yang rendah kalori, kalau cemilan melebihi 300 kalori maka tidak bisa dianggap sebagai cemilan walaupun bentuknya seperti makanan cemilan.

b) Bukan Makanan Yang Mengenyangkan

Ya…namanya juga makanan ringan, jangan sampai makanan anda tidak terpenuhi gara-gara kekenyangan setelah mengkonsumsi cemilan…he..he..he ..lucu kan.? Pilih makanan cemilan yang ringan dan tidak mengenyangkan.

c) Hindari cemilan dengan kandungan lemak berlebih.


Lemak jika dalam ilmu gizi, dalam satu gramnya mengandung 9 kalori dibandingkan Karbohidrat dan protein yang hanya mengandung 4 setiap 1 gramnya. Jadi apabila anda mengkonsumsi terlalu banyak cemilan yang mengandung lemak, kemungkinan untuk kelebihan kalori sangat besar, dan resikonya obesitas yang pada akhirnya memicu hipertensi dan penyakit jantung.

d) Hindari cemilan yang terlalu manis.

Yaps…benar sekali, selain beresiko meningkatkan gula darah anda, cemilan yang terlalu manis juga merusak email gigi, mengurangi selera makan utama nantinya, pilih yang gurih tetapi tidak mengandung sodium glutamat.

Tips-tips diatas, tentunya akan jadi kebiasaan positif apabila kebiasaan mengkonsumsi cemilan yang salah dapat anda ubah seperti tips-tips diatas.




1 komentar:

Yang Gak jelas boleh ditanyakan, atau mau punya sanggahan silahkan atau pendapat lain, Monggo di kasih komentar..:D.

Info Singkat

Susu memiliki kandungan gizi yang hampir sempurna,,, Bahkan untuk vitamin larut lemak (A,D,E,K) semua terkandung dalam susu, dan semua vitamin yang ada pada bahan makanan lainnya telah terforifikasi ke dalam susu.